Wednesday

Butter Lezat Banyak Rasa


Butter juga dikenal sebagai mentega merupakan hasil dari emulsi lemak susu sapi. Kalau dilihat dari kasat mata mungkin akan sulit membedakan butter dengan mentega. Tekstur butter biasanya lebih lembut dibandingkan dengan mentega, selain itu butter juga memiliki warna yang lebih pucat. Butter yang dibuat dari susu sapi memang tidak baik jika terlalu lama disimpan dalam suhu ruangan. Aroma butter jauh lebih tajam dibandingkan dengan dengan margarin. 

Inovasi baru karya anak bangsa, berhasil menginovasikan butter dengan berbagai macam rasa. Bule Baper (Butter Lezat Banyak Rasa). Penggagas Bule Baper ini adalah mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Nastasya Moulina, Widia Lamza, Hana Mutia, Prita Alifia dan Rizki Dwi. Mereka berinovasi membuat Bule Baper ini agar para pecinta butter tidak bosan dengan rasa butter yang hanya asin saja. 

Budaya orang Indonesia untuk selalu makan nasi menjadi pokok pikiran utama dari mereka, “kami melihat bahwa banyak orang sering melewati waktu sarapan pagi dengan berbagai alasan, padahal sarapan pagi itu sangat penting. Waktu yang tidak sempat dan ribet merupakan salah satu alasan meninggalkan sarapan pagi. Dari situ kamu memikirkan butter yang sangat praktis untuk teman makan roti” kata Natasya. 

Bule Baper merupakan varian dari butter dengan berbagai macam rasa. Saat ini Bule Baper telah memiliki 2 varian rasa yaitu Lemon dan Green Tea. Bule baper banyak diminati karena rasanya yang bervariatif, sehingga orang tidak bosan dengan rasa butter yang itu itu saja. Salah satu inovasi baru ini memang masih banyak kendala mulai dari bahan serta pengemasannya. Bule Baper menggunakan bahan butter pada umumnya. Varian rasa lemon dan green tea mereka dapatkan dari penggunaan perasan air lemon serta bubuk asli green tea. Keunggulan mereka yaitu penggunaan bahan dengan kulitas baik agar dapat bermanfaat bagi tubuh. Jadi jangan diragukan lagi jika Bule Baper ini menggunakan bahan alami. 

Penggunaan bahan alami membuat Bule Baper tidak dapat disimpan dalam kurun waktu yang lama. Sebaiknya dapat dihabiskan dalam kurun waktu 7-10hari. Pengemasan Bule Baper juga menjadi masalah tersendiri bagi mereka. Penggunaan butter yang relatif singkat membuat Bule Baper enggan mengemasnya dalam kemasan besar. Mereka mengemas Bule Baper dengan kemasan yang relatif kecil, namun terkedang kemasan tersebut juga sulit untuk dicari. 

Ini merupakan salah satu dari sekian banyak inovasi baru karya anak bangsa yang memiliki nilai jual. Bule Baper terus berinovasi menambah berbagai varian rasa serta membuat kemasannya lebih praktis. Yuk mari kita buat terobosan terobosan baru seperti Bule Baper! Bangga akan anak Negeri!:)
Read more

Sate Taichan Asli Indonesia

Buat teman teman yang hobinya kulineran pasti udah ga asing lagi nih sama salah satu menu yang sedang menjamur dimana mana. Yup, Sate Taichan! 

Pasti udah gak asing lagi kan? Bak jamur di kala hujan, belakangan ini memang sudah tidak dipungkiri lagi banyak penjual Sate Taichan. Sate taichan menjadi salah satu pelarian anak muda untuk sekedar melepas lelah sembari makan Sate Taichan. Kalau dilihat dari namanya, mungkin tak sedikit orang yang mengira bahwa sate ini berasal Korea atau Jepang loh. Wets kalian salah besar, Sate Taichan merupakan salah satu kuliner hasil negeri kita ini lho, yup betul sekali, Sate Taichan asli Indonesia. Yang membedakan sate ini dengan sate sate lainnya adalah dengan tidak menggunakan bumbu seperti sate pada umumnya. 

Sebenarnya, sate Taichan banyak dikenal orang melalui media sosial saja. Kalau dilihat dari penampilannya, sate ini memang tidak menarik sama sekali, warnanya putih dan hanya diberi bumbu sambal, jangan salah yaa sate ini memang benar benar enak! Menurut salah seorang pemilik gerai Sate Taichan, bahwa nama Taichan diambil dari seorang pengunjung gerai sate asal Jepang yang bernama Taichan. Saat itu Taichan meminta pesanannya untuk dimasak sendiri. Sate ayam yang ia buat tidak lah menggunakan bumbu kacang atau kecap. Ia hanya membakarnya secara langsung kemudian menambahinya dengan perasan jeruk nipis, sambal serta garam. Dari situlah pemilik gerai Sate tersebut berniat untuk berinovasi dengan sate Taichan. 

Sensasi rasa daging ayam yang dibakar secara langsung tanpa memberi bumbu merupakan daya tarik tersendiri bagi pecinta sate Taichan. Setelah dibakar, sate dilumuri dengan minyak sayur, perasan jeruk nipis serta penyedap rasa. Nikmat terakhir ditambahkan dengan sambal yang bisa diberikan sesuai dengan selera. 

Cita rasa yang super pedas memang menjadi minat tersendiri pada sate ini, namun buat kalian yang tidak suka pedas tetap bisa memakan sate ini dengan tingkat kepedasan yang rendah. Kini Sate Taichan sudah banyak dan dapat kamu temukan dikota kota besar, salah satu yang terkenal berada di Senayan, Jakarta Pusat. Gerai Sate Taichan milik Pak Amir ini menjadi satah satu pelopor Sate Taichan. Buat kamu yang belum pernah coba, yuk segera datang dan cobain sensasi nikmat pedas dan gurih dari Sate Taichan. 

Sumber gambar : https://www.goodindonesianfood.com/file/2017/02/sate-taichan-1170x780.jpg
Read more

Friday

Aneka Sambal Ala Indonesia


Kamu jangan ngaku orang Indonesia asli kalo gak suka yang namanya rasa pedes. Coba kamu datang diseluruh tempat makan di Indonesia pasti olahan menggoda membakar lidah ini ga pernah absen dari jejeran makanan di dalamnya. Sambal memang sudah menjadi pelengkap wajib saat makan, kalo kata orang Indonesia sih kalo gaada sambel rasanya jadi hambar, gitu gak? Memang sambal sudah menjadi primadona diseluruh menjuru Indonesia, sebenernya ga Cuma di Indonesia, tapi hampir dikebanyakan negara.

Mungkin ga banyak dari kita yang tau ada berbagai macam sambel yang di Indonesia, nah pada kesempakan yang oke banget nih, topikburonan mau bahas beberapa sambel yang ada di Indonesia.

1. Sambel Bajak 

Walaupun namanya sambel bajak, tapi bukan berarti sambel ini akan membajak lidah kalian loh. Justru sambel ini cocok buat kalian yang gak terlalu suka sama sambel yang pedes pedes banget. Sambel ini lebih memiliki cita rasa yang agak manis pedas. Sambel ini biasanya banyak ditemuin didaerah daerah Jawa Tengah, mungkin hanya penamaannya yang berbeda. Nasi hangat dan juga gorengan ditambah sambel bajak ini, dijamin makanmu ga cuma 1 piring!

2. Sambel Ijo 

Buat kamu pecinta nasi padang udah gak asing lagi nih sama yang namanya sambel ijo. Yups karena kamu dapat dengan mudah menemukan sambel ijo di warung makan padang. Kalau ditanya rasanya, memang sambel ini tidak terlalu pedas, maka dari itu cocok dipadukan dengan masakan padang yang bersantan.

3. Sambel Bawang 

Nah sambel ini nih yang biasanya menjadi favoritenya banyak orang. Rasa pedasnya yang bisa dibilang level medium memang cocok bagi mereka yang suka pedas. Ga jauh jauh dari namanya, sambel ini memang sangat kental akan aroma bawangnya. Meskipun rasanya yang pedas tapi sambel ini tetep bisa bikin kita nagih loh guys

4. Sambel Terasi 

Sambel ini nih sambelnya sejuta umat, karena sambel ini memang sambel yang disukai hampir sama semua orang. Aroma terasi yang ada didalemnya memang jadi daya tarik tersendiri, ada 2 macam sambel terasi yaitu sambel terasi mentah dan sambel terasi mateng dan dua duanya bikin kamu susah kontrol makan! Nambah teruss!

5. Sambel Tomat 

Sebenernya cara membuat ini gajauh jauh dari sambel bajak. Yang membedakan sambel tomat lebih segar saat dinikmati karena tomat yang ada didalamnya, meskipun terdapat tomat didalamnya jangan sekali kali kamu remehin sambel yang satu ini, karena bisa jadi sambel ini super hot sampe bikin kamu keringetan!

6. Sambel Mangga 

Hayoo coba mana yang belom pernah cobain sambel unik Indonesia yang satu ini? Meskipun pake mangga, bukan berarti sambel ini ga enak dimakan pake nasi lho. Sambel ini jauh lebih nikmat pake nasi dan ditambah dengan lauk mu. Mangga seger yang ada didalamnya menjadi nilai plus tersendiri buat mereka yang doyan banget sama sambel. Kamu mau coba?

7. Sambal Dabu Dabu 

Mana nih suaranya orang Manado? Yak sudah bisa ditebak kalau sambel ini adalah salah satu sambel asli Manado. Beda dengan sambel pada umumnya, sambel ini ga perlu capek cepek ngulek, cukup dengan dipotoh kecil kecil seperti cabai, kemangi, bawang, tomat, serta jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis dan garam.

8. Sambal Roa 

Masih dari daerah Manado nih, sambel ini terkenal loh guys sampe ke mancanegara. Sambal ini memiliki daya tarik tersendiri dari suiran ikan roa panggang. Sekali mencoba sambel ini psti kamu langsung jatuh hati. Jangan takut sulit untuk mendapatkan sambel yang satu ini, kamu ga perlu jauh jauh ke Manado karena sambel ini sudah banyak dijual dalam bentuk botolan. Selamat mencobaa!

9. Sambel Belut 

Buat kamu yang geli banget sama belut, kamu harus cobain sambel yang satu ini, yakin deh kamu bakalan jatuh hati sama belutnyaa, eh sama sambelnya maksudnya. Namanya juga sambel belut pasti didalamnya terdapat belut yang menggoda. Hampir mirip seperti ayam penyet, pada pengolahannya belut digoreng kering kemudian dicampurkan kedalam sambel. Karena citarasa belut yang gurih ini menambah nikmat rasa dari sambel belut itu. Dijamin kamu nambah terus dehh!

10. Sambel Petai 

Memang gak semua orang suka sambel yang satu ini. Karena memang dibuat dengana menggunakan petau, pasti bagi kamu yang anti banget sama petai sudah otomatis akan anti juga sama sambel ini. Tapi jangan salah loh guys, sambel ini juga banyak sekali penggemarnya. Dimakan dengan ayam lalapan, sambel ini menjadi menu wajib yang gaboleh ketinggalan. Jangan takut akan baunya, selamat mencoba!

Mungkin itu beberapa dari sekian banyak sambel di Indonesia yang wajib kamu coba. Jangan lupa sediakan perut kosong untung menikmati sambe sambel ini, dijamin kamu habis nasi berpiring piring!!
Read more

Thursday

Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan

Sirsak ternyata memiliki segudag manfaat, tidak hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan, melainkan juga daun nya yang bisa dikatakan lebih besar manfaatnya karena dapat mengobati penyakit kanker dan beberapa penyakit lainnya. 

Sedikit penjelasan tentang asal muasal sirsak. Sirsak atau Durian Belanda dengan nama latin Annona Muricata L. merupakan tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di daerah indonesia sirsak ini dikenal banyak nama diantaranya nangka landa (jawa) dan jambu landa (lampung). Sirsak ini banyak digunakan untuk bahan yang dijadikan pengobatan herbal. 

Dibalik besarnya manfaat sirsak ini tidak lepas dari kandungan-kandungan bahan yang luar biasa. Kandungan yang ada pada daun sirsak diantaranya : acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, anomurine, anonol, caclourine, gigantetronin, annomuricin, linoleic acid, gentisic acid, muricapentocin, annonacin, dan banyak lainnya. 

Berikut beberapa Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan yang bisa digunakan sebagai bahan dasar yang alami untuk obat tradisional : 


1. Mengobati kanker 
Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan yang pertana adalah mengobati penyakit kanker. menurut penelitian yang pernah dilakukan di purdue University Of Amerika oleh para pakar, disitu membuktikan bahwa kandungan yang ada pada daun sirsak memiliki kandungan yang bisa mengobati dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Jenis kanker yang dinyatakan dapat diobati menggunakan daun sirsak diantaranya: kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru dan lebih banyak jenis kanker lainnya. 

Bagi anda yang ingin mencoba manfaat daun sirsak untuk menyembuhkan kanker berikut dosis yang disarankan : ambil 11 helai daun sirsak (petik langsung daun yang ada di pohonnya, jangan pilih yang terlalu muda atau terlalu tua), kemudian rebus dengan air bersih sebanyak 500cc(2 gelas). kemudian rebus sampai tersisi 250cc lalu saring air rebusan biar bersih dan minum (usahakan diminum pada saat air masih hangat) satu kali sehari sebelum tidur, usahakan diminun secara teratur untuk penyembuhan. 

2. Mengobati asam urat 
Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan selanjutnya yaitu mengobati penyakit asan urat. Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh makanan yang mengandung purin yang berlebihan. Bagi anda yang sudah menderita penyakit asam urat ini jangan gundah karena penyakit ini bisa di atasi dengan mengkonsumsi daun sirsak. 

Caranya, dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak. minum rebusan ini selagi hangat. selain untuk menyembuhkan penyakit asam urat, air rebusan daun sirsak juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit diabetes melitus. 

3. Mengobati penyakit wasir 
Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan yang lain yaitu mengobati penyakit wasir. Seperti yang telah kita ketahui warsir merupakan penyakit yang menyerang anus berupa pembengkakan pada bagian pangkal. Pada kondisi yang berbahaya, penderita akan merasa nyeri dan keluar darah pada anus. Bagi anda penderita penyakit wasir jangan gundah dulu, karena daun sirsak ini bisa dijadikan salah satu obat yang paling bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit wasir. 

Caranya dengan mimun air rebusan daun sirsak. menkonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin dapat menyembuhakan penyakit ini, untuk tata caranya, ambilkan 10 helai daun sirsak (jangan yang muda ataupun terlalu tua), rebus dengan 3 gelas air, tungg hingga tersisa kira-kira 1 gelas. minum satu kali sehari (lakukan secara rutin). Kandungan daun sirsak ini sudah ditelita banyak mengandung zat yang mampu menghentikan pendarahan sekitar anus dan mempu membuat otat anus menjadi rileks. 

4. Menurunkan kolesterol 
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat pada daun sirsak cukup ampuh untuk menurunkan kadar kolertorel dalam darah. kolestorel ini muncul akibat anda kurang selektif dalam memilih makanan. Salah satu contoh makanan yang banyak mengandung kolesterol adalah bebek goreng, ayam goreng, serta makanan yang banyak mengandung minyak. Apalagi jika minyak goreng yang sudah di gunakan berkali kali hingga warnanya berubah menjadi kehitaman, disini sumber kolestorel jahat ini. 

5. Meneyembuhkan penyakit asma dan sesak nafas 
Untuk menyembuhkan asma dan sesak nafas, gunakan 7 helai daun sirsak yang dibuat sarang semut rang-rang. kemudian remas-remas dalam air kira-kira satu gelas. Minum setiap hari (di pagi hari), minum secara rutin hingga penyakit sembuh. 

6. Menghilangkan bisul 
Bisul merupakan penyakit yang timbul akibat adanya infeksi pada kulit. Penyakir ini sangat mengganggu karena akan terasa gatal. Bagi anda penderita bisul jangan cemas dulu karena untuk dapat menyembuhkannya anda tidak memerlukan biaya mahal, hanya menggunakan daun sirsak. 

Caranya, ambil daun sirsak yang muda secukupnya, remas remas dalam air hingga airnya sedikit kendal (warnya kehijauan). selanjutnya basuh bisul dengan air tersebut. cara lain yang dapat digunakan adalah haluskan daun sirsak (menjadi lulur), gunakan lulur daun sirsak pada bagian bisul, dan bersihkan jika lulur sudah mengering. 

7. Menghilangkan kutu rambut 
Zaman sekarang ini banyak sekali produk obat-obatan yang bisa dijadikan untuk membasmi kutu rambut. Namun obat-obatan itu dibuat secara kimiawi, dan harganya yang lumayan mahal. Namun, ada rahasia alam yang terkandung dalam daun sirsak. Salah satu manfaat daun sirsak untuk obat luar adalah membasmi kutu rambut. Caranya rebus beberapa helai daun sirsak, gunakan airnya untuk kramas rambut, dalam satu minggu hasilnya akan terihat jelas.
Read more

Cara Mudah Budidaya Jamur Tiram

Indonesia yang meilikii iklim yang tropis memang cocok sekali untuk menjadikannya tempat budidaya jamur tiram. Sebenarnya membudidayakan jamur tiram itu tidaklah sulit, hanya ketika pembuatan baglog, yaitu media tanam yang telah diinokulaikan dengan bibit jamur. 

Nama latin jamur tiran itu sendiri adalah Pleurotus ostreatus. Mengapa disebut jamur tiram? Karena bentuknya tajuk yang mirip dengan tiram serta berwarna putih membentuk setengah lingkaran. Jika dialam bebas jamur tiram dapat kita temukan di batang batang kayu yang sudah lapuk, maka darei itu tak sedikit pula yang menyebut jamur ini sebagai jamur kayu. Terdapat 2 tahan untuk melakukan budidaya jamur tiram disini. Yang pertama yaitu, membuah media tanam yang kemudian menginokulai bibit jamur pada media tanam. Yang kedua yaitu, menumbuhkan misellim menjadi tersebut menjadi bahan buah. 


Berikut langkah yang harus dipersiapkan untuk melakukan budidaya jamur 


Menyiapkan Kumbung 

Apa itu Kumbung? Kumbung merupakan tempat utnuk merawat baglog dan menumbuhkan jamur. Kumbug berbentuk seperti rak rak untuk meletakkan baglog. Kumbung harus didesign untuk dapat mempertahankan suhu serta kelembabannya. Kumbung terbuat dari kayu atau bamboo. Kemudian dindingnya bisa terbuat dari gedek atau anyaman bamboo. Atap bagian atas terbuat dari gendeng, usahakan jangan menggunakan asbes karena akan membuat nya panas. Sedangkan bagian lantainya usahan tetap tanah agar air yang digunakan ketika menyiram jamur dapat meresap. Didalam kumbung sendiri diisi berupa rak rak untuk meletakkan baglog. Rangka rak ini bisa dibuat dengan bamboo atau kayu. Antara rak yang satu dengan yang lainya diberi lorong agar mempermudah saat kontroling. Menyiapkan Baglog Baglog disini merupakan media tanam untuk meletakkan bibit bibit jamur tersebut. Baglog dibungkus dengan plastic silinder, dimana salah satu ujungnya diberi lubang. Nah dari lubang inilah jamur akan keluar. 

Cara Merawat Baglog 

Terdapat 2 cara saat menyusun baglog. Yang pertama dengan meletakkan secara vertical dengan lubang menghadap ke atas dan yang kedua dengan horizontal dengan lubang menghadap ke samping. Dari cara diatas tadi ada beberapa perbedaan, jika baglog disusun secara horizontal makan cara ini lebih aman saat penyiraman. Jika penyiraman berlebihan, maka air tidak akan masuk kedalam baglog, kemudian kamu akan lebih mudah saat memanen. Hanya saja penyusunan secara horizontal sangat menyita tempat. 


Panen Jamur Tiram 

Jika kamu melakukan tahap tadi secara sempurna maka biasanya dalam 1-2 minggu jamur sudah mulai tumbuh dan sudah dapat dipanen. Panen dilaukan terhadap kamu yang telah mekar dan besar. Jika dalam sehati trelatr memanen, maka jamur akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan dan kemudian tudungnya akan berwarna merah. Kalau sudah seperti ini jamur akan cepat layu. Biasanya rentan waktu memanen jamur ini berkiras antara 2-3 minggu.
Read more