Monday

Laron Menjadi Makanan Nikmat

Setiap kali musim penguhujan selalu disebut sebut sebagai musim laron. Bagi sebagian orang laron menjaid hewan yang sangat menyebalkan, sayap sayapnya yang berserakan di lantai menjadi pr tersendiri bagi penghuninya. Namun lain hal nya dengan warga pedesaan, mereka selalu ada cara untuk bisa memanfaatkan hewan yang satu ini, mulai dari untuk pakan ayam bahkan diolah menjadi makanan lezat.

Di beberapa kota di Jawa, banyak sekali menyajikan berbagai olahan berbahan dasar laron ini menjadi olahan lezat dengan kandungan protein yang tinggi. Laron dapat di campur dengan telu dadar dan dibuat rempeyek.

Laron juga dapat dinikmati dengan hanya digoreng saja. Adapula yang mengolah laron ini menjadi laron botok. Untuk membuat botok laron sendiri kucup menjampurkan gula merah, bawang merah serta bawang putih, kemudian bumbu tersebut dicampurkan dengan laron lalu dikukus sampai matang.

Di daerah jawa, pengumpulan laron dapat menggunakan lampu dhian (lampu teplok), lampu ini diletakkan didalam baskom besar, kemudia lampu disekitar ruangan dimatikan, maka laron akan mengikuti sumber cahaya yang ada di dekatnya. Baskom yang digunakan bisa dalam kosong maupun yang berisi sedikit air.

Laron yang enak dimakan adalah laron yang berukuran besar. Setelah laron laron tersebut terkumpul kamu bisa membuang sayap sayap dari laron tersebut. Cara membersihkannya dari sayap tidak semata mata membuangkan satu persatu loh guys, melainkan dengan cara ditapeni. Setelah bersih kamu bisa langsung memasaknya.

Bagi orang pedesaan makanan ini menjadi makanan yang gurih dan lezat, namun bagi orang yang belum pernah memakannya mungkin akan terkesan menjijikan. Bagaimana dengan mu? Apakah kamu pernah mencobanya? Mari komen dan ceritakan pengalamanmu mencoba makanan yang satu ini.
Load disqus comments

0 comments