Friday

Aneka Sambal Ala Indonesia


Kamu jangan ngaku orang Indonesia asli kalo gak suka yang namanya rasa pedes. Coba kamu datang diseluruh tempat makan di Indonesia pasti olahan menggoda membakar lidah ini ga pernah absen dari jejeran makanan di dalamnya. Sambal memang sudah menjadi pelengkap wajib saat makan, kalo kata orang Indonesia sih kalo gaada sambel rasanya jadi hambar, gitu gak? Memang sambal sudah menjadi primadona diseluruh menjuru Indonesia, sebenernya ga Cuma di Indonesia, tapi hampir dikebanyakan negara.

Mungkin ga banyak dari kita yang tau ada berbagai macam sambel yang di Indonesia, nah pada kesempakan yang oke banget nih, topikburonan mau bahas beberapa sambel yang ada di Indonesia.

1. Sambel Bajak 

Walaupun namanya sambel bajak, tapi bukan berarti sambel ini akan membajak lidah kalian loh. Justru sambel ini cocok buat kalian yang gak terlalu suka sama sambel yang pedes pedes banget. Sambel ini lebih memiliki cita rasa yang agak manis pedas. Sambel ini biasanya banyak ditemuin didaerah daerah Jawa Tengah, mungkin hanya penamaannya yang berbeda. Nasi hangat dan juga gorengan ditambah sambel bajak ini, dijamin makanmu ga cuma 1 piring!

2. Sambel Ijo 

Buat kamu pecinta nasi padang udah gak asing lagi nih sama yang namanya sambel ijo. Yups karena kamu dapat dengan mudah menemukan sambel ijo di warung makan padang. Kalau ditanya rasanya, memang sambel ini tidak terlalu pedas, maka dari itu cocok dipadukan dengan masakan padang yang bersantan.

3. Sambel Bawang 

Nah sambel ini nih yang biasanya menjadi favoritenya banyak orang. Rasa pedasnya yang bisa dibilang level medium memang cocok bagi mereka yang suka pedas. Ga jauh jauh dari namanya, sambel ini memang sangat kental akan aroma bawangnya. Meskipun rasanya yang pedas tapi sambel ini tetep bisa bikin kita nagih loh guys

4. Sambel Terasi 

Sambel ini nih sambelnya sejuta umat, karena sambel ini memang sambel yang disukai hampir sama semua orang. Aroma terasi yang ada didalemnya memang jadi daya tarik tersendiri, ada 2 macam sambel terasi yaitu sambel terasi mentah dan sambel terasi mateng dan dua duanya bikin kamu susah kontrol makan! Nambah teruss!

5. Sambel Tomat 

Sebenernya cara membuat ini gajauh jauh dari sambel bajak. Yang membedakan sambel tomat lebih segar saat dinikmati karena tomat yang ada didalamnya, meskipun terdapat tomat didalamnya jangan sekali kali kamu remehin sambel yang satu ini, karena bisa jadi sambel ini super hot sampe bikin kamu keringetan!

6. Sambel Mangga 

Hayoo coba mana yang belom pernah cobain sambel unik Indonesia yang satu ini? Meskipun pake mangga, bukan berarti sambel ini ga enak dimakan pake nasi lho. Sambel ini jauh lebih nikmat pake nasi dan ditambah dengan lauk mu. Mangga seger yang ada didalamnya menjadi nilai plus tersendiri buat mereka yang doyan banget sama sambel. Kamu mau coba?

7. Sambal Dabu Dabu 

Mana nih suaranya orang Manado? Yak sudah bisa ditebak kalau sambel ini adalah salah satu sambel asli Manado. Beda dengan sambel pada umumnya, sambel ini ga perlu capek cepek ngulek, cukup dengan dipotoh kecil kecil seperti cabai, kemangi, bawang, tomat, serta jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis dan garam.

8. Sambal Roa 

Masih dari daerah Manado nih, sambel ini terkenal loh guys sampe ke mancanegara. Sambal ini memiliki daya tarik tersendiri dari suiran ikan roa panggang. Sekali mencoba sambel ini psti kamu langsung jatuh hati. Jangan takut sulit untuk mendapatkan sambel yang satu ini, kamu ga perlu jauh jauh ke Manado karena sambel ini sudah banyak dijual dalam bentuk botolan. Selamat mencobaa!

9. Sambel Belut 

Buat kamu yang geli banget sama belut, kamu harus cobain sambel yang satu ini, yakin deh kamu bakalan jatuh hati sama belutnyaa, eh sama sambelnya maksudnya. Namanya juga sambel belut pasti didalamnya terdapat belut yang menggoda. Hampir mirip seperti ayam penyet, pada pengolahannya belut digoreng kering kemudian dicampurkan kedalam sambel. Karena citarasa belut yang gurih ini menambah nikmat rasa dari sambel belut itu. Dijamin kamu nambah terus dehh!

10. Sambel Petai 

Memang gak semua orang suka sambel yang satu ini. Karena memang dibuat dengana menggunakan petau, pasti bagi kamu yang anti banget sama petai sudah otomatis akan anti juga sama sambel ini. Tapi jangan salah loh guys, sambel ini juga banyak sekali penggemarnya. Dimakan dengan ayam lalapan, sambel ini menjadi menu wajib yang gaboleh ketinggalan. Jangan takut akan baunya, selamat mencoba!

Mungkin itu beberapa dari sekian banyak sambel di Indonesia yang wajib kamu coba. Jangan lupa sediakan perut kosong untung menikmati sambe sambel ini, dijamin kamu habis nasi berpiring piring!!
Load disqus comments

0 comments