Showing posts with label Kuliner. Show all posts
Showing posts with label Kuliner. Show all posts

Wednesday

Butter Lezat Banyak Rasa


Butter juga dikenal sebagai mentega merupakan hasil dari emulsi lemak susu sapi. Kalau dilihat dari kasat mata mungkin akan sulit membedakan butter dengan mentega. Tekstur butter biasanya lebih lembut dibandingkan dengan mentega, selain itu butter juga memiliki warna yang lebih pucat. Butter yang dibuat dari susu sapi memang tidak baik jika terlalu lama disimpan dalam suhu ruangan. Aroma butter jauh lebih tajam dibandingkan dengan dengan margarin. 

Inovasi baru karya anak bangsa, berhasil menginovasikan butter dengan berbagai macam rasa. Bule Baper (Butter Lezat Banyak Rasa). Penggagas Bule Baper ini adalah mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Nastasya Moulina, Widia Lamza, Hana Mutia, Prita Alifia dan Rizki Dwi. Mereka berinovasi membuat Bule Baper ini agar para pecinta butter tidak bosan dengan rasa butter yang hanya asin saja. 

Budaya orang Indonesia untuk selalu makan nasi menjadi pokok pikiran utama dari mereka, “kami melihat bahwa banyak orang sering melewati waktu sarapan pagi dengan berbagai alasan, padahal sarapan pagi itu sangat penting. Waktu yang tidak sempat dan ribet merupakan salah satu alasan meninggalkan sarapan pagi. Dari situ kamu memikirkan butter yang sangat praktis untuk teman makan roti” kata Natasya. 

Bule Baper merupakan varian dari butter dengan berbagai macam rasa. Saat ini Bule Baper telah memiliki 2 varian rasa yaitu Lemon dan Green Tea. Bule baper banyak diminati karena rasanya yang bervariatif, sehingga orang tidak bosan dengan rasa butter yang itu itu saja. Salah satu inovasi baru ini memang masih banyak kendala mulai dari bahan serta pengemasannya. Bule Baper menggunakan bahan butter pada umumnya. Varian rasa lemon dan green tea mereka dapatkan dari penggunaan perasan air lemon serta bubuk asli green tea. Keunggulan mereka yaitu penggunaan bahan dengan kulitas baik agar dapat bermanfaat bagi tubuh. Jadi jangan diragukan lagi jika Bule Baper ini menggunakan bahan alami. 

Penggunaan bahan alami membuat Bule Baper tidak dapat disimpan dalam kurun waktu yang lama. Sebaiknya dapat dihabiskan dalam kurun waktu 7-10hari. Pengemasan Bule Baper juga menjadi masalah tersendiri bagi mereka. Penggunaan butter yang relatif singkat membuat Bule Baper enggan mengemasnya dalam kemasan besar. Mereka mengemas Bule Baper dengan kemasan yang relatif kecil, namun terkedang kemasan tersebut juga sulit untuk dicari. 

Ini merupakan salah satu dari sekian banyak inovasi baru karya anak bangsa yang memiliki nilai jual. Bule Baper terus berinovasi menambah berbagai varian rasa serta membuat kemasannya lebih praktis. Yuk mari kita buat terobosan terobosan baru seperti Bule Baper! Bangga akan anak Negeri!:)
Read more

Sate Taichan Asli Indonesia

Buat teman teman yang hobinya kulineran pasti udah ga asing lagi nih sama salah satu menu yang sedang menjamur dimana mana. Yup, Sate Taichan! 

Pasti udah gak asing lagi kan? Bak jamur di kala hujan, belakangan ini memang sudah tidak dipungkiri lagi banyak penjual Sate Taichan. Sate taichan menjadi salah satu pelarian anak muda untuk sekedar melepas lelah sembari makan Sate Taichan. Kalau dilihat dari namanya, mungkin tak sedikit orang yang mengira bahwa sate ini berasal Korea atau Jepang loh. Wets kalian salah besar, Sate Taichan merupakan salah satu kuliner hasil negeri kita ini lho, yup betul sekali, Sate Taichan asli Indonesia. Yang membedakan sate ini dengan sate sate lainnya adalah dengan tidak menggunakan bumbu seperti sate pada umumnya. 

Sebenarnya, sate Taichan banyak dikenal orang melalui media sosial saja. Kalau dilihat dari penampilannya, sate ini memang tidak menarik sama sekali, warnanya putih dan hanya diberi bumbu sambal, jangan salah yaa sate ini memang benar benar enak! Menurut salah seorang pemilik gerai Sate Taichan, bahwa nama Taichan diambil dari seorang pengunjung gerai sate asal Jepang yang bernama Taichan. Saat itu Taichan meminta pesanannya untuk dimasak sendiri. Sate ayam yang ia buat tidak lah menggunakan bumbu kacang atau kecap. Ia hanya membakarnya secara langsung kemudian menambahinya dengan perasan jeruk nipis, sambal serta garam. Dari situlah pemilik gerai Sate tersebut berniat untuk berinovasi dengan sate Taichan. 

Sensasi rasa daging ayam yang dibakar secara langsung tanpa memberi bumbu merupakan daya tarik tersendiri bagi pecinta sate Taichan. Setelah dibakar, sate dilumuri dengan minyak sayur, perasan jeruk nipis serta penyedap rasa. Nikmat terakhir ditambahkan dengan sambal yang bisa diberikan sesuai dengan selera. 

Cita rasa yang super pedas memang menjadi minat tersendiri pada sate ini, namun buat kalian yang tidak suka pedas tetap bisa memakan sate ini dengan tingkat kepedasan yang rendah. Kini Sate Taichan sudah banyak dan dapat kamu temukan dikota kota besar, salah satu yang terkenal berada di Senayan, Jakarta Pusat. Gerai Sate Taichan milik Pak Amir ini menjadi satah satu pelopor Sate Taichan. Buat kamu yang belum pernah coba, yuk segera datang dan cobain sensasi nikmat pedas dan gurih dari Sate Taichan. 

Sumber gambar : https://www.goodindonesianfood.com/file/2017/02/sate-taichan-1170x780.jpg
Read more

Friday

Aneka Sambal Ala Indonesia


Kamu jangan ngaku orang Indonesia asli kalo gak suka yang namanya rasa pedes. Coba kamu datang diseluruh tempat makan di Indonesia pasti olahan menggoda membakar lidah ini ga pernah absen dari jejeran makanan di dalamnya. Sambal memang sudah menjadi pelengkap wajib saat makan, kalo kata orang Indonesia sih kalo gaada sambel rasanya jadi hambar, gitu gak? Memang sambal sudah menjadi primadona diseluruh menjuru Indonesia, sebenernya ga Cuma di Indonesia, tapi hampir dikebanyakan negara.

Mungkin ga banyak dari kita yang tau ada berbagai macam sambel yang di Indonesia, nah pada kesempakan yang oke banget nih, topikburonan mau bahas beberapa sambel yang ada di Indonesia.

1. Sambel Bajak 

Walaupun namanya sambel bajak, tapi bukan berarti sambel ini akan membajak lidah kalian loh. Justru sambel ini cocok buat kalian yang gak terlalu suka sama sambel yang pedes pedes banget. Sambel ini lebih memiliki cita rasa yang agak manis pedas. Sambel ini biasanya banyak ditemuin didaerah daerah Jawa Tengah, mungkin hanya penamaannya yang berbeda. Nasi hangat dan juga gorengan ditambah sambel bajak ini, dijamin makanmu ga cuma 1 piring!

2. Sambel Ijo 

Buat kamu pecinta nasi padang udah gak asing lagi nih sama yang namanya sambel ijo. Yups karena kamu dapat dengan mudah menemukan sambel ijo di warung makan padang. Kalau ditanya rasanya, memang sambel ini tidak terlalu pedas, maka dari itu cocok dipadukan dengan masakan padang yang bersantan.

3. Sambel Bawang 

Nah sambel ini nih yang biasanya menjadi favoritenya banyak orang. Rasa pedasnya yang bisa dibilang level medium memang cocok bagi mereka yang suka pedas. Ga jauh jauh dari namanya, sambel ini memang sangat kental akan aroma bawangnya. Meskipun rasanya yang pedas tapi sambel ini tetep bisa bikin kita nagih loh guys

4. Sambel Terasi 

Sambel ini nih sambelnya sejuta umat, karena sambel ini memang sambel yang disukai hampir sama semua orang. Aroma terasi yang ada didalemnya memang jadi daya tarik tersendiri, ada 2 macam sambel terasi yaitu sambel terasi mentah dan sambel terasi mateng dan dua duanya bikin kamu susah kontrol makan! Nambah teruss!

5. Sambel Tomat 

Sebenernya cara membuat ini gajauh jauh dari sambel bajak. Yang membedakan sambel tomat lebih segar saat dinikmati karena tomat yang ada didalamnya, meskipun terdapat tomat didalamnya jangan sekali kali kamu remehin sambel yang satu ini, karena bisa jadi sambel ini super hot sampe bikin kamu keringetan!

6. Sambel Mangga 

Hayoo coba mana yang belom pernah cobain sambel unik Indonesia yang satu ini? Meskipun pake mangga, bukan berarti sambel ini ga enak dimakan pake nasi lho. Sambel ini jauh lebih nikmat pake nasi dan ditambah dengan lauk mu. Mangga seger yang ada didalamnya menjadi nilai plus tersendiri buat mereka yang doyan banget sama sambel. Kamu mau coba?

7. Sambal Dabu Dabu 

Mana nih suaranya orang Manado? Yak sudah bisa ditebak kalau sambel ini adalah salah satu sambel asli Manado. Beda dengan sambel pada umumnya, sambel ini ga perlu capek cepek ngulek, cukup dengan dipotoh kecil kecil seperti cabai, kemangi, bawang, tomat, serta jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis dan garam.

8. Sambal Roa 

Masih dari daerah Manado nih, sambel ini terkenal loh guys sampe ke mancanegara. Sambal ini memiliki daya tarik tersendiri dari suiran ikan roa panggang. Sekali mencoba sambel ini psti kamu langsung jatuh hati. Jangan takut sulit untuk mendapatkan sambel yang satu ini, kamu ga perlu jauh jauh ke Manado karena sambel ini sudah banyak dijual dalam bentuk botolan. Selamat mencobaa!

9. Sambel Belut 

Buat kamu yang geli banget sama belut, kamu harus cobain sambel yang satu ini, yakin deh kamu bakalan jatuh hati sama belutnyaa, eh sama sambelnya maksudnya. Namanya juga sambel belut pasti didalamnya terdapat belut yang menggoda. Hampir mirip seperti ayam penyet, pada pengolahannya belut digoreng kering kemudian dicampurkan kedalam sambel. Karena citarasa belut yang gurih ini menambah nikmat rasa dari sambel belut itu. Dijamin kamu nambah terus dehh!

10. Sambel Petai 

Memang gak semua orang suka sambel yang satu ini. Karena memang dibuat dengana menggunakan petau, pasti bagi kamu yang anti banget sama petai sudah otomatis akan anti juga sama sambel ini. Tapi jangan salah loh guys, sambel ini juga banyak sekali penggemarnya. Dimakan dengan ayam lalapan, sambel ini menjadi menu wajib yang gaboleh ketinggalan. Jangan takut akan baunya, selamat mencoba!

Mungkin itu beberapa dari sekian banyak sambel di Indonesia yang wajib kamu coba. Jangan lupa sediakan perut kosong untung menikmati sambe sambel ini, dijamin kamu habis nasi berpiring piring!!
Read more

Monday

Laron Menjadi Makanan Nikmat

Setiap kali musim penguhujan selalu disebut sebut sebagai musim laron. Bagi sebagian orang laron menjaid hewan yang sangat menyebalkan, sayap sayapnya yang berserakan di lantai menjadi pr tersendiri bagi penghuninya. Namun lain hal nya dengan warga pedesaan, mereka selalu ada cara untuk bisa memanfaatkan hewan yang satu ini, mulai dari untuk pakan ayam bahkan diolah menjadi makanan lezat.

Di beberapa kota di Jawa, banyak sekali menyajikan berbagai olahan berbahan dasar laron ini menjadi olahan lezat dengan kandungan protein yang tinggi. Laron dapat di campur dengan telu dadar dan dibuat rempeyek.

Laron juga dapat dinikmati dengan hanya digoreng saja. Adapula yang mengolah laron ini menjadi laron botok. Untuk membuat botok laron sendiri kucup menjampurkan gula merah, bawang merah serta bawang putih, kemudian bumbu tersebut dicampurkan dengan laron lalu dikukus sampai matang.

Di daerah jawa, pengumpulan laron dapat menggunakan lampu dhian (lampu teplok), lampu ini diletakkan didalam baskom besar, kemudia lampu disekitar ruangan dimatikan, maka laron akan mengikuti sumber cahaya yang ada di dekatnya. Baskom yang digunakan bisa dalam kosong maupun yang berisi sedikit air.

Laron yang enak dimakan adalah laron yang berukuran besar. Setelah laron laron tersebut terkumpul kamu bisa membuang sayap sayap dari laron tersebut. Cara membersihkannya dari sayap tidak semata mata membuangkan satu persatu loh guys, melainkan dengan cara ditapeni. Setelah bersih kamu bisa langsung memasaknya.

Bagi orang pedesaan makanan ini menjadi makanan yang gurih dan lezat, namun bagi orang yang belum pernah memakannya mungkin akan terkesan menjijikan. Bagaimana dengan mu? Apakah kamu pernah mencobanya? Mari komen dan ceritakan pengalamanmu mencoba makanan yang satu ini.
Read more

Jajanan Jadul 90an

Seiring perkembangan zaman, jajanan anak anak juga terus berkembang. Perkembangan jajanan tersebut membuat beberapa jajanan yang lampau dilupakan dan hampir sulit kita temukan. Namun tak sedikit outlet outlet yang dibuka hanya untuk menjual jajanan lampau ini.

Jika kamu anak 90an pasti sduah tidak asing lagi dengan jajanan jajanan berikut ini :

Permen Coklat Payung

Kalau lihat dari gambarnya pastii sudah idak asing lagi. Coklat yang dikemas dala bentuk payung ini memang selalu dicari oleh anak anak, khususnya anak sd.

Mie Lidi

Sensasi pedas serta gurih dari mie lidi ini selalu menjadi tantangan tersendari bari mereka yang memakannya. Jika kamu salah satu pecinta makanan ini, pasti kamu akan memakannya sampai benar benar bersih.

Permen Karet Yosan

Permen karet yang sangat legendaris ini memang sangat booming di tahun 90an. Sebenarnya rasanya juga biasa aja, namun Karena harganya yang murah, jajanan ini selalu banyak pembelinya.

Telur Gulung

Hayoo siapa yang tidak pernah makan jajanan yang satu ini, jajanan ini memang sangat fenomenal dikalangan anak 90an. Harganya yang enak serta murah menjadi salah satu alasan kenapa jajanan ini begitu laris.

Permen Dreamy

Permen murah nan beraneka rasa ini memang sudah menjadi jajanan favoritenya anak anak. Dari mulai rasa buah, cola, coklat dll. Bentuk kecil kecil  imut seperti bantal.

Permen Jagoan Neon

Permen ini mungkin masih banyak yang jual di pasar pasar tradisional. Biasanya setelah makan permen ini kamu akan mendapatkan lidah mu yang berubah awarna sesuai dengan rasa apa yang kalian makan.

Balon Tiup

Yang terakhir ini bukan makanan, tapi balon mainan yang biasa ketika ingin meniupnya harus dibasuh dulu dengan air liur kemudian kamu baru meniupnya. Setelah kamu tiup menjadi besar, kamu akan mencari orang untuk menempelkan ke wajahnya dan membuatnya menjadi topeng.
Read more

Friday

Bento Bekal Lucu Menggemaskan

Bento, makanan dengan istilah dari Jepang ini biasanya dibuat oleh seorang wanita untuk anak anak mereka. Mungkin sebagian orang belum tau apa itu bento, bento merupakan makanan dalam kotak makan atau bekal nasi yang sering dibawa anak anak ke sekolah. Bedanya dengan bekal nasi yang lain, bento dibuat tampak menarik, seperti dibentuk hewan atau mainan.

Bento dibuat dengan benar benar mengukur kandungan didalamnya, seperti buah buahan, sayuran, karbohidrat serta protein. Bento dibuat dengan semenarik mungkin, disini selain untuk mempercantik tampilan, dengan membuat bekal nasi dalam bentuk bento dipercaya membuat anak yang susah makan akan menjadi lebih tertarik untuk memakannya. Tidak sedikit anak anak yang tidak menyukai sayuran, dengan bento secara otomatis anak anak akan lebih tertarik.

Sejarahnya, pada tahun 1568 sampai 1600 orang orang di Jepang mulai menganai gaya menyantap makana diluar rumah. Makanan tersebut diletakkan di dalam koyak kayu dan dimasukkan kedalam tas. Kemudian tahun 1600-1800 bento mulai berkembang dan meluas dikalangan rakyat. Kebanyakan mereka di kala itu membawa bento saat berwisata dan berpergian karena dianggap sangat praktis. Akhirnya semakin lama bento terus berkembang dan menjadi kebiasaan setiap orang.

Namun pada tahun 1912 saat perang dunia pertama kebiasaan ini benar benar dihentikan karena terdapat peraturan yang melarang anak sekolah untuk membawa bento ke sekolah mereka. Hai ini dianggap menimbulkan perbedaan kasta antara orang kaya dengan orang miskin karena bento menjadi ajang pamer kekayaan.

Kemudian bento mulai popular kembali pada tahun 1980an. Sejak saat itu bento mulai banyak dijual di took took dengan beragam variasi lauk serta kreasi menghiasnya. Sampai saat ini tak sedikit para ibu rumah tangga yang mulai belajar meyiapkan  bento dengan sekreatif mungkin. Bento ini sudah dibentu dengan berbagai macam karakter hewan, kartun dan lain lain.
Read more

Tuesday

Jangan Ngaku Hits Kalau Belum Coba Makanan Ini


Jangan ngaku kekinian kalau kamu belum nyobain makanan yang berikut ini. Mari kita bahas satu persatu :

Budae Jjigae

Makanan yang satu ini merupakan makanan hits dari Korea. Jjigae merupakan sup kental berbumbu, sedangan Budae Jjigae berarti sup pangkalan militer. Filosifinya adalah warga Korea tidak memiliki bahan makanan yang cukup saat terjadi perang korea, akhirnya mereka  menggunakan rasum dari pangkalan militer AS dan mengolahnya menjadi Budae Jjigae. Yang ada didalam sup ini adalah telur, mie instan, jamur, baso ikan, keju dan masih banyak lagi. Sup ini disajikan dalam porsi besar dan nikamt dimakan bersama sama saat cuaca dingin

Samyang

Makanan yang lagi lagi berasal dari Korea memang sangat menantang. Karena rasanya yang super pedas, gak heran kalau banyak challenge yang menggunakan makanan yang satu ini. Biasanya mereka menambahkan bon cabe level tinggi atau sambal ekstra pedas. Samyang bisa kamu dapatkan di supermarket seperti alfamart atau indomart.

Inovasi Indomie

Nah mungkin bagi kamu yang suka makan indomie yang hanya itu itu aja, kamu harus nyobain indomie dengan varian inovasi yang satu ini. Kedai indomie yang diberi nama Abang Adek ini menyajikan indomie dengan inovasi baru seperti pizza indomie, indomie cabe rawit, sampai indomie hitam.

Kuliner Keju Leleh

Siapa yang tak tergoda melihat keju yang meleleh, memang makanan hits masa kini banyak sekali yang berbau keju. Tak harus makanan Eropa, kini makanan local sudah banyak yang diinovasikan menggunakan keju, seperti keju mozzarella, saus keju atau gouda.

Sate Taichan

Makanan hits yang satu ini merupakan jajanna kaki lima yang sedang naik daun hingga kini. Rasanya yang enak menjadi daya tarik dan membuat makanan ini terus dicari banyak orang.
Read more